Rabu, 29 Juli 2015

Tema 11 : Game Sebagai Sarana Pembelajaran dan Terapi di Masa Depan

Pada jaman modern ini, telah banyak sekali permainan/game yang melibatkan teknologi. Semakin tinggi teknologinya semakin menarik pula permainan yang dijalankan. Tidak mengenal batasan umur, game menjadi sebuah alternatif untuk menghabiskan waktu luang kebanyakan orang. Tak diherankan pula, ada beberapa orang yang menyalah gunakan fungsi utama game, yaitu untuk menghibur. Penyalah gunaan ini antara lain seseorang tersebut menjadikan sebuah permainan tersebut menjadi pusat hidupnya, bukan lagi hanya semata hiburan.

Tentunya selain dampak negatif, banyak sekali dampak positif dalam sebuah permainan berteknologi. Permainan umumnya diciptakan programmer untuk menuntaskan sebuah misi atau tujuan, baik permainan tersebut berjenis petualangan, puzzle, hingga teka teki. Sebagai contoh sederhana : otak manusia akan berfikir dan mencari jalan keluar, disaat itu otak manusia akan berimajinasi dan melatih kreatifitas seseorang. Baik permainan yang melibatkan teknologi maupun permainan dengan menggunakan gerak tubuh sama-sama memiliki tujuan sebagai alat pembelajaran pula, contohnya adalah bagaimana seseorang belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sudah dilakukan sehingga kalah dalam tantangan atau sebagai alat pembelajaran pantang menyerah dalam berfikir. Tentunya ini merupakan salah satu alat pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diikuti.
Pengharapan perkembangan permainan menggunakan teknologi di masa depan, lebih diharapkan permainan-permainan tersebut mengandung unsur yang dapat melakukan terapi yang menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar