Kamis, 14 Januari 2016

Membuat WBS sesuai dengan penulisan ilmiah

Struktur navigasi aplikasi ini adalah struktur navigasi campuran, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan lebih bebas dalam aplikasi ini. Struktur navigasi Aplikasi Penjualan Bengkel SPU dapat dilihat pada gambar 3.6.



Gambar 3.6 Struktur Navigasi Aplikasi Penjualan Bengkel SPU
Pengguna yang menggunakan aplikasi ini pada awalnya akan diminta memasukkan username dan password yang sudah ditentukan, kemudian akan masuk kedalam form utama, yang memiliki 3 jendela tab yaitu jendela data pelanggan, data barang, dan data transaksi. Alasan menggunakan jendela tab adalah agar dalam penggunaan lebih mudah dan lebih praktis dalam berpindah-pindah jendela tampilan. Misalnya pengguna sedang mengisi data pelanggan, namun disaat yang bersamaan harus membuka jendela yang menampilkan data transaksi, maka dengan mudah dapat beralih ke jendela tersebut tanpa menutup atau menggagalkan data pelanggan yang sedang dimasukkan tersebut.


Bila pengguna mengaktifkan jendela data pelanggan maka dapat dilakukan manipulasi data pelanggan seperti insert, delete, update. Kemudian pada data barang pun demikian, pengguna dapat memanipulasi data barang seperti insert, delete, update. Terakhir, pada jendela data transaksi, pengguna dapat membuka halaman jendela lain seperti jendela tambah transaksi, hapus transaksi, cetak laporan dan lihat grafik. Dari data-data tersebut pengguna dapat mencetak laporan yang diinginkan, misalnya ingin mencetak seluruh laporan (telah dipisahkan perbulan agar mempermudah pengguna untuk melihat data transaksi) dapat pula mencetak laporan dalam waktu tertentu, selain itu ada pula fasilitas lihat grafik yang menampilkan hasil penjualan perbulan, sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat perkembangan penjualan yang terjadi entah penjualan yang naik atau turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar