Selasa, 24 Maret 2015

Tema 1 - Mengapa tema android tidak boleh digunakan lagi untuk penulisan ilmiah

Semester 6 adalah semester wajib untuk mahasiswa-mahasiswi Gunadarma untuk melaksanakan tugas penulisan ilmiah. Mahasiswa akan diberikan masing-masing dosen pembimbing untuk mendampingi penulisan. Untuk fakultas sistem informasi, mahasiswa diminta untuk dapat membuat/merancang sebuah sistem atau membuat sebuah aplikasi. Umumnya beberapa dosen akan membebaskan mahasiswanya untuk membuat sebuah sistem ataupun sebuah aplikasi untuk menyelesaikan penulisan ilmiahnya. Ada pula dosen yang memberikan tema langsung untuk mahasiswanya. Ada beberapa dosen yang menyarankan untuk tidak lagi menggunakan tema android, mengapa demikian? Karena :

1.      Tema android sudah terlalu banyak
Hampir semua orang sudah menggunakan telepon genggam berbasis android, oleh sebab itu tidak sedikit pula yang dapat mengusai dan membuat aplikasi untuk android.

2.      Meminimalisir adanya duplikasi
Dari tema android yang terlalu banyak, bukan tidak mungkin akan adanya kesamaan judul maupun tema untuk aplikasi yang akan dibuat. Jika ada pihak yang melakukan duplikasi penulisan ilmiah tentunya akan sulit diketahui mengingat banyaknya jumlah penulisan ilmiah yang dibuat.

3.      Ada aplikasi pendukung yang mudah
Diharapkan mahasiswa membuat sebuah penulisan yang memang dirancang sendiri, saat ini untuk membuat aplikasi android sangat mudah. Bahkan seseorang yang tidak pernah mempelajari program dapat dibilang bisa membuat sebuah aplikasi pula. Hal ini yang seharusnya membedakan seorang mahasiswa SI dengan orang biasa, dimana seorang yang seharusnya mengetahui dan telah belajar membuat program dapat membuat sesuatu yang lebih kompleks.

Demikianlah beberapa hal yang mungkin menjadi beberapa alasan mengapa beberapa tema android ditolak untuk penulisan ilmiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar