Pada
jaman modern ini, telah banyak sekali permainan/game yang melibatkan teknologi.
Semakin tinggi teknologinya semakin menarik pula permainan yang dijalankan. Tidak
mengenal batasan umur, game menjadi sebuah alternatif untuk menghabiskan waktu
luang kebanyakan orang. Tak diherankan pula, ada beberapa orang yang menyalah
gunakan fungsi utama game, yaitu untuk menghibur. Penyalah gunaan ini antara
lain seseorang tersebut menjadikan sebuah permainan tersebut menjadi pusat
hidupnya, bukan lagi hanya semata hiburan.
Tentunya
selain dampak negatif, banyak sekali dampak positif dalam sebuah permainan
berteknologi. Permainan umumnya diciptakan programmer untuk menuntaskan sebuah
misi atau tujuan, baik permainan tersebut berjenis petualangan, puzzle, hingga
teka teki. Sebagai contoh sederhana : otak manusia akan berfikir dan mencari
jalan keluar, disaat itu otak manusia akan berimajinasi dan melatih kreatifitas
seseorang. Baik permainan yang melibatkan teknologi maupun permainan dengan
menggunakan gerak tubuh sama-sama memiliki tujuan sebagai alat pembelajaran
pula, contohnya adalah bagaimana seseorang belajar untuk tidak melakukan
kesalahan yang sudah dilakukan sehingga kalah dalam tantangan atau sebagai alat
pembelajaran pantang menyerah dalam berfikir. Tentunya ini merupakan salah satu
alat pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diikuti.
Pengharapan
perkembangan permainan menggunakan teknologi di masa depan, lebih diharapkan
permainan-permainan tersebut mengandung unsur yang dapat melakukan terapi yang
menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar