Kamis, 15 Mei 2014

Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

1.       Definisi dan dasar pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan ialah proses memilih suatu alternatif cara bertindak dengan metode yang efisian sesuai situasi.


Dasar pengambilan keputusan :
Menurut George R. Terry :
1.      Intuisi :
Suatu proses bawah sadar/tdk sadar yang timbul atau tercipta akibat pengalaman yang terseleksi. Pengambilan keputusan yang berdasarkan atas intusi atau perasaan memiliki sifat subjektif, sehingga mudah terkena pengaruh.

2.      Pengalaman :
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis.  Karena pengalaman seseorang dapat mempekira-kan keadaan sesuatu, dapat memperhitungkan untung ruginya, baik-buruknya keputusan yang akan dihasilkan.  Karena pengalaman, seseorang yang menduga masalahnya walaupun hanya dengan melihat sepintas saja mungkin sudah dapat menduga cara penyelesaiannya.

3.      Fakta :
Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang sehat, solid, dan baik.  Dengan fakta, maka tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi, sehingga orang dpt menerima keputusan-keputusan yang dapat dibuat dengan rela dan lapang dada.

4.      Wewenang :
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan oleh pim-pinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang lebih rendah kedudukannya.  Pengambilan keputusan berdasarkan we-wenang juga memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan.

5.      Rasional :
Pada pengambilan keputusan yg berdasar-kan rasional, keputusan yg dihasilkan ber-sifat objektif, logis, lebih transparan, kon-sisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, shg dpt dikatakan mendekati kebenaran atau se-suai dgn apa yg diinginkan.

2.       Jenis jenis keputusan organisasi :
a.       Keputusan terprogram, dibuat sebagai respon terhadap masalah-masalah organisasi yang repetitif atau yang sudah baku.
b.      Keputusan tak terprogram, dibuat sebagai respon terhadap masalah-masalah unik, yang jarang dijumpai, dan tidak dapat didefinisikan secara tepat.

3.       Faktor faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
1.    Fisik
Didasarkan pada rasa yang dialami pada tubuh, seperti rasa tidak nyaman, atau kenikmatan. Ada kecenderungan menghindari tingkah laku yang menimbulkan rasa tidak senang, sebaliknya memilih tingkah laku yang memberikan kesenangan.
2.    Emosional
Didasarkan pada perasaan atau sikap. Orang akan bereaksi pada suatu situasi secara subjective.
3.    Rasional
Didasarkan pada pengetahuan orang-orang mendapatkan informasi, memahami situasi dan berbagai konsekuensinya.
4.    Praktikal
Didasarkan pada keterampilan individual dan kemampuan melaksanakan. Seseorang akan menilai potensi diri dan kepercayaan dirinya melalui kemampuanya dalam bertindak.
5.    Interpersonal
Didasarkan pada pengaruh jaringan sosial yang ada. Hubungan antar satu orang keorang lainnya dapat mempengaruhi tindakan individual.
6.    Struktural
Didasarkan pada lingkup sosial, ekonomi dan politik. Lingkungan mungkin memberikan hasil yang mendukung atau mengkritik suatu tingkah laku tertentu.

4.       Implikasi manajerial
Pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi memang dilakukan oleh salah seorang manager atau pemimpin. Ada baiknya mengambil keputusan sesuai dengan keputusan yang tepat (Menurut Benge dalam Danim (2004:89) :
a.       Menetapkan masalah pokok
b.      Mengumpulkan informasi yang relevan
c.       Memilih pemecahan masalah yang paling cocok
d.      Melaksanakan keputusan yang diambil.
Tujuannya adalah agar pengambilan keputusan tersebut tepat sasaran dan efisien sesuai dengan kebutuhan organisasi tersebut.

Sumber :

Diana, Litdia 2013, Persepsi Pegawai Terhadap Pengambilan Keputusan Oleh Pimpinan Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Jurnal Administrasi Pendidikan (Persepsi Pegawai Terhadap Pengambilan Keputusan Oleh Pimpinan Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam), Volume 1 Nomor 1 Oktober 2013 : 101-461

J Salusu.1996. Pengambilan Keputusan Stratejik.Jakarta:Grasindo.46-54

Syamsi, Ibnu. Pengambilan Keputusan (Decision Making). Jakarta : Bina Aksara. 1989




Nama : Claudensiana Laidwina
Kelas : 2ka03
NPM : 11112638












Tidak ada komentar:

Posting Komentar